Kamis, 28 Juli 2016

Pengabdian Masyarakat 2016

Pengabdian masyarakat berlangsung selama 10 hari yaitu tanggal 17-26 juli 2016 tepatnya di kecamatan tambakrejo Desa Ngrancang, Desa Nglombo dan Desa Ngrambah. Sasarannya adalah seluruh masyarakat termasuk anak-anak, dalam hal ini tujuannya difokuskan pada bidang pendidikan dan keagamaan. Dengan tema yang di gadang-gadang oleh panitia adalah "SASB ABDIROGO; Bekerja, Berkarya dan Berbudaya"
 Dalam bidang pendidikan Kami mengajar di sekolah dasar, meliputi SDN Ngrancang I, II dan IV sedangkan bidang keagamaan Kami mengajar TPQ yang berada di mushola dan masjid-masjid terdekat. Jadi di sana kita bisa menyalurkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dari kampus serta belajar lebih tentang bagaimana semestinya menjalin interaksi yang baik dengan semua masyarakat melalui inkulturasi di pagi hari.

Selain itu, Kami juga mengadakan gerakan tanam pohon yaitu sekitar 200 bibit tanaman Flamboyan yang diperoleh dari Dinas Perhutani kemudian ditanam disepanjang jalan, dalam hal penanaman ini dibantu oleh campur tangan para pemuda Karang Taruna sehingga penanaman pohon terealisasikan dengan baik setelah itu dilakukan penyiraman dengan beberapa timba yang berisi air. Tidak lain tujuannya adalah supaya bumi ini tetap asri sebagaimana mestinya dan warga disekitarnya pun akan sehat, cerdas, produktif serta bahagia (seperti semboyan kang Yoto).

Ada juga lomba-lomba yang diikuti oleh anak-anak kecil seperti praktek sholat, tartil, adzan, sepak bola terong, mengambil karet, memasukkan sesuatu ke dalam sesuatu serta lomba memasukkan air. Masyarakat sangat antusias sehingga perlombaan tersebut berjalan dengan lancar, dan balai desa pun penuh dengan lautan manusia dan teriakan para supporter begitu menggemparkan.

Ketika di penghujung acara, kami mengadakan pentas seni yang didalamnya terdapat penampilan-penampilan memukau seperi tari nusantara, pildacil, Puisi, Pantun, Drama SASB, Banjari Al-Hidayat (dari anggota SASB sendiri), Pembacaan asmaul husna oleh kelompok TPQ, pembagian hadiah untuk peserta yang menang dalam perlombaan kemudian disambung dengan pengajian tabligh akbar oleh KH. Badrus Sholih dari Kecamatan Dander sekaligus puncak acara pengabdian masyarakat. Semoga kedepannya SASB lebih baik dan bisa mengadakan pengabdian masyarakat lagi untuk membangun Bojonegoro lebih matoh.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berlangganan Berita kami

Contact our Support

Email us: http://sasbuinsa.blogspot.com/

Our Team Memebers