Kamis, 02 Oktober 2014

MAHASISWA dan STATUSNYA


Kampus ketika kita mendengar istilah tersebut akan terbersit dalam pikiran kita tentang kegiatan yang sangat luar biasa berbeda ketika berada di sekolah. Melihat fenomena yang ada dimedia televise dunia kampus adalah duniayang serba fasion dengan gaya penampilan yang glamor mewah dan lain sebagainya. Di dalam kampus identik dengan yang namanya mahasiswa. Siapa to mahasiswa itu? Kok bisa dia disebut dengan mahasiswa? Pertanyaan yang sangat mendasar akan tetapi mempunya jawaban yang luas dan berbeda dari sudut pandang tertentu.
Bicara tentang mahasiswa secara etimologi terdapat kata “siswa” kemudian diimbuhi kata “maha” didepanya. Siswa adalah individu yang sedang belajar menuntut ilmu dalam sebuah institusi atau lembaga tertentu. Sedangkan maha adalah kata yang menunjukan lebih dari segalanya. Dapat disimpulkan bahwawanya mahasiswa adalah individu yang mempunyai kelebihan yang luar biasa kemudian sedang menuntut ilmu disebuah institusi atau lembaga tertentu.
Kelebiahan dari seorang mahasiswa adalah dia bebas dalam berkreasi mengembangkan kazanah intelektualnya. Dia tiadak memiliki keterikatan dengan yang lain, dalam kata lain mahasiswa adalah human independen.
Akan tetapi dibalik kebebasan dari seorang mahasiswa sebetulnya dia memiliki tanggung jawab yang sangatlah besar. Mahasiswa mempunya tanggung jawab menjadi agen of cange (agen perubahan) diharapkan seorang mahasiswa mampu untuk merubah keadaan sosial yang awalnya buruk menjadi lebih baik. Baik itu secara personality mahasiswa tersebut maupun terhadap yang lain. Kemudian tanggung jawab yang selanjutnya yaitu agen of social control (agen control sosial) yaitu mahasiswa bisa mengkontrol keadaan sosial dengan sifat independenya dan kazanah intelektual yang dimiliki diharapkan mampu mengkontrol sebuah kebijakan yang sedang diterapkan, tidak hanya itu saja mahasiswa juga mengkontrol problematika yang ada dalam lingkunganya tersebut.
Dulur-dulur SASB untuk menjadi seorang mahasiswa tidak cukup kalian datang di kampus kemudian masuk kelas dan pulang. Akan tetapi kalian harus mengembangkan personality kalian dengan hal hal yang lain. Karena status yang kalian miliki berbeda ketika kalian berada dalam bangku sekolah, dan kalian mempunyai tanggung jawab yang besar baik bagi diri pribadi kalian maupun terhadap daerah lingkungan kalian, yang sudah menunggu inovasi dari kalian.
Belajarlah bersosialah agar kalian tidak buta terhadap lingkungan dan mampu membaca keadaan sekitar kalian… salam SASB

By: Zaenal


0 komentar:

Posting Komentar

 

Berlangganan Berita kami

Contact our Support

Email us: http://sasbuinsa.blogspot.com/

Our Team Memebers