Keterampilan
Manajerial
Keterampilan atau skill merupakan kemampuan untuk menterjemahkan
pengetahuan ke dalam praktek sehingga tercapai hasil kerja yang diinginkan.
Berbagai fungsi dan kegiatan manajerial yang diperlukan dalam mengelola
organisasi membutuhkan banyak keterampilan. Keterampilan yang paling penting
adalah keterampilan yang memungkinkan manajer bisa membantu orang lain menjadi
lebih produktif di tempat kerja. Robert L. Katz menggolongkan keterampilan
manajer menjadi tiga kategori sebagai berikut :
1).
Keterampilan Kemanusiaan (Human Skill)
Keterampilan
kemanusiaan atau yang lebih terkenal dengan keterampilan berkomunikasi antar
manusia (interpersonal skills) adalah keterampilan yang seringkali diabaikan
oleh para manajer, terutama bagi para manajer yang baru naik jenjangnya dalam
organisasi. Keterampilan kemanusiaan ini sangat diperlukan untuk menjaga
hubungan baik dengan atasan langsung maupun dengan bawahan. Dengan komunikasi
yang persuasive akan membuat bawahan merasa dihargai dan mereka akan bekerja
lebih baik dan bersikap lebih terbuka kepada atasannya. Keterampilan
berkomunikasi ini diperlukan baik pada tingkatan manajemen atas, menengah,
maupun bawah.
2). Keterampilan Teknis (Technical Skills)
Keterampilan
ini merupakan bekal bagi para manajer pada tingkat yang lebih rendah.
Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan
tertentu misalnya memperbaiki mesin, membuat kursi, membuat jadwal kerja dan
keterampilan teknis lainnya.
3).
Keterampilan Konseptual (Conceptual Skill)
Kemampuan untuk merinci permasalahan menjadi beberapa
bagian yang lebih spesifik sehingga dapat dilihat kaitan antara masing-masing
bagian tersebut, serta mengetahui dampak dari setiap permasalahan bagi orang
lain.
Sebagai tambahan, keterampilan yang harus pula dimiliki oleh para manajer
adalah sebagai berikut :
4)
Keterampilan Motivasi (Motivation Skill)
Kemampuan untuk memberikan dorongan
kepada orang lain, agar mereka dapat melakukan sesuatu sesuai dengan yang
diperintahkan tanpa mereka rasakan secara langsung, karena telah diberikan
suatu motivasi atau dorongan berupa rangsangan-rangsangan untuk menggairahkan
dan menyemangati melakukan pekerjaan.
5) Keterampilan Teknologi Informasi
Keterampilan yang dalam hal ini penguasaan mengolah
informasi melalui teknologi seperti keterampilan mengoperasikan komputer.
Kecakapan manajerial adalah suatu keterampilan atau karakteristik personal
yang membantu tercapainya kinerja yang tinggi dalam tugas manajemen. Beberapa
kompetensi personal yang diperlukan bagi keberhasilan manajerial sebagai
berikut :
1. Leadership, kemampuan
dalam mempengaruhi orang lain agar melaksanakan suatu tugas.
2. Self objectivity, kemampuan
untuk menilai diri sendiri secara realistis.
3. Analiytic thinking, kemampuan
untuk menginterpretasikan dan menyampaikan segala macam bentuk informasi.
4. Behavioral flexibility,
menyesuaikan perilaku dalam mencapai tujuan.
5. Oral Communication, kemampuan
mengemukakan pendapat secara jelas dalam berbicara.
6. Written Communication, kemampuan
mengungkapkan pendapat dengan baik secara tertulis.
7. Personal Impact,
menumbuhkan kesan baik dan kepercayaan bagi orang.
8. Resistances to stress, kemampuan
untuk dapat bekerja dalam keadaan tertekan.
9. Tolerance for uncertainty, kemampuan
untuk bekerja dalam situasi yang tidak menentu.
bagus mas ........ semoga temen2 sasb punya keterampilan tersebut..!!!!!
BalasHapus